Rabu, 15 Mei 2013

Tipe Jaringan

Sebelum saya berbagi tentang tipe jaringan, saya akan berbagi tentang keuntungan jaringan. Keuntunggan jaringan, antara lain :
  • Efisiensi waktu dan tenaga.
  • Dapat berbagi / sharing file data / software maupun hardware.
  • Tingkat keamanan yang lebih tinggi
  • Dapat diaplikasikan pada jaringan Dikless (jaringan tanpa hardisk) sehingga dapat menghemat biaya.
  • Jika sebuah komputer terkoneksi pada internet, fasilitas serupa juga dapt dinikmati oleh komputer lain yang terhubung dalam sebuah LAN.\
Ok sekarang saya akan berbagi seputar jaringan client-server, langsung aja ya!!

Jaringan Client-Server
           Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan. Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
  • Kelemahan :
  1. Biaya operasional relatif lebih mahal.
  2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
  3. Kelangsungan janringan sangat tergantung pada server. jika server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu. 
  • Keunggulan :
  1. Kecepatan akses lebih tingi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
  2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  3. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar