Jumat, 17 Januari 2014

Jeruk Nipis


Udah tau dong gambar yg diatas itu gambar apa?? Yup... Jeruk Nipis, Postingan gw kali ini mengenai buah bulat, hijau, asem dan kaya manfaat ini. Jeruk nipis ini memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini adalah sejenis tumbuhan perdu yg memiliki nama yg sama seperti buahnya yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis ini memiliki banyak kandungan vitamin C lebih banyak dibanding dengan jenis jeruk lainnya, selain vitamin C jeruk nipis juga memiliki kandungan lain yaitu : zat besi, sulfur, fosfor, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino (lisin, triptofan) dan asam sitrat. 

Oke, sekarang kita bahas apa aja sih manfaat jeruk nipis?? Anda Penasaran?? Sama Saya Juga *loh hehehe lanjuuut..
Pertama, jeruk nipis dapat membantu proses pengosongan lambung, koko bisa ya?? ya bisa, karena jeruk nipis ini mengandung polisakarida non-pati, yang disebut sebagai serat makanan, jadinyaaa jeruk nipis ini dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kedua, karena Jeruk nipis mengandung sulfur atau biasa disebut belerang, membuat jeruk nipis bersifat membunuh bakteri, bersifat astrigent, sehingga bisa mengecilkan pori-pori, juga antiinflamasinya sangat kuat. Didalam tubuh khususnya usus, astrigent ini akan mengecilkan pori-pori atau fili-fili dalam usus. Contohnya begini, kan kita makan karbohitrat, maka bukan cuma dicerna mulut, kan ke lambung, terus ke usus, nah terus dicerna sampai ke usus 12 jari memecah karbohidratnya, selanjutnya masuk ke usus haluas, naaah di usus halus inilah, astrigent dari jeruk nipis ini akan membuat fili-fili atau pori-pori mengkerut,jadinya penyerapan makanan menjadi lebih sedikit, dan mempersingkat perjalanan makanan menjadi feses.

Ketiga, karena jeruk nipis mengandung saponin yg bisa membersihkan organ yg ada didalam tubuh dan cara kerjanya sama seperti lipase atau empedu. Seperti cara kerja menghancurkan lemak saat mencuci piring dengan jeruk nipis, didalam tubuh juga, kandungan saponin ini akan mengecilkan lemak. Dan jeni (singkatan dari Jeruk Nipis yaaa! :p) punya efek detoksifikasi atauu melarutkan zat-zat beracun yg memang harus dikeluarkan melalui saluran pencernaan melalui ginjal. Jeni juga bisa jadi zat pelarut, menyeimbangkan tekanan darah dan mengatur suhu.

Oh iya selain yg tadi udah disebut, jeni ini juga bisa buat ngebantu buat ngelangsingin tubuh looh, mau tau ngga caranya?? anda penasaran?? sama saya juga, cekidot berikut ini cara-caranya:
ambil 1-3 buah jeni (ambil punya sendiri yaa, jangan ambil punya orang :p) belah dua, terus diperas. laluu tambahkan segelas air putih (200cc). Air yg dipake ini air hangat atau bisa juga air dingin tergantu selera. Oh iyaa bisa juga di tambah 1 sdm 1 sdt supaya lebih nikmat. Jeni di campur air ini bisa dikonsumsi setiap pagi, setengah jam sebelum makan. Saru jam sebelum tidur sebaiknya meminum segelas jeni yg ditambah teh hijau. jeni ini bisa diminum setiap hari, tapi dalam seminggu kasih jeda dulu sehari, buat apa di kasih jeda?? karena waktu jeda ini lakukan supaya tubuh dapat merangsang dan meningkatkan antibodi, serta sebagai imun tubuh. Selain ituu, kalau kulit wajah diolesi jeruk nipis, bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit, mengurangi minyak pada kulit, mengecilkan pori-pori, membantu mengobati jerawat, menyamarkan noda hitam atau flek hitam, dan meremajakan kulit. Caranya yaitu belah dua jeni-nya kemudian daging jeni diusap ke kulit wajah, hidung, pipi yg berpori-pori besar, serta bagian wajah yg kasar serta kusam.Jeninya ini didiamkan pada wajah selama setengah jam atuaa tunggu sampe kering. Penggunaaan masker jeni ini jangan terlalu sering yaa, cukup seminggu 2-3 kali saja, kenapa begitu?? karena pada beberapa orang, penggunaan masker jeni ini bisa menempelkan rasa nyeri. 

Sekian dulu info yg bisa saya bagikan dadaaaah semoga bermanfaat :) Sayonaraa :):):):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar