Selasa, 04 Juni 2013

Belajar Jaringan Part 3



·         Pengertian IP Address 
Ip Address adalah alamat jaringan pada perangkat komputer yang saling terhubung, yang terdiri dari 32 BIT bilangan biner, yang terbagi menjadi 4 segment.
·         Pengelompokan IP Address
1.      Berdasarkan Kelas :
a.    Kelas A : 0 – 126 Subnet 255.0.0.0
b.    Kelas B : 128 – 191 Subnet 255.255.0.0
c.    Kelas C : 192 – 223 Subnet 255.255.255.0
2.      Berdasarkan Kegunaannya :
a.    Publik 
b.    Local
c.    Private
·         Jaringan komputer beserta pengertiaanya :
1.      Jaringan Client – Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas  bagi komputer- komputer lain di dalam jaringan. Client adalah komputer – komputer yang menerima auatu menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
2.      Jaringan Peer To Peer
Bila di tinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server si jaringan Tipe Peer To Peer di istilahkan Non- Deicated Server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai Workstation.
·         Pengertian Subnetting
Subnetting adalah proses memecah suatu  IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu  router -router dalam jaringan multi). Sedangkan Subnet Mask adalah Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.
·         Kegunaan Subneting
a.    Untuk memecah network ID yang dimiliki oleh suatu organisasi nenjadi beberapa network ID lain dengan jumlah anggota jaringan yang lebih kecil.
b.    Adapun hal ini dilakukan karena sebuah organisasi mempunyai lebih dari satu jaringan/LAN,
c.     Masing-masing jumlah hostnya tidak sebesar jumlah maksimal IP host yang disediakan oleh satu kelas IP address dari network ID yang dimiliki organisasi tersebut.
d.    Hal ini dapat terjadi karena: teknologi yang berbeda, keterbatasan teknologi, ‘kongesti’ pada jaringan, dan hubungan ‘point-to-point’.

·         Pengelompokan Subnetting
a.  Berdasarkan Kelas :
1.    Kelas A : 255.0.0.0
2.    Kelas B : 255.255.0.0
3.    Kelas C : 255.255.255.0
·         Perbedaan Fastethernet & Gigabit Ethernet
a.       Fastethernet
Fast Ethernet merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet  yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik.
b.      Gigabitethernet
Gigabit Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan komputer yang kecepatan pertukaran datanya bisa mencapai 1 Gbps. Dan teknologi ini dalam penerapannya dapat menggunakan kabel fiber optik ataupun kabel tembaga untuk menghubungkannya. Teknologi ini sering digunakan di dalam instansi instansi atau kampus.
·         MAC Address
a.       Pengertian
Media Access Control Address atau MAC address adalah sebuah kode unik yang diberikan untuk setiap bagian dari perangkat keras yang terhubung ke Internet.
b.      Karakteristik
MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut.
·         Susunan kabel Straight & Cross
·         Pedoman untuk Menentukan Pemasangan Kabel Straight & Cross
Untuk Straight kita berpatokan pada urutan kabel nomor 1,2,3,da 6 saja. Untuk 1,2, dan 3,6 harus yang pair (cocok ) begitu juga sisi kedua konektornya. Sedangkan untuk cross hanya berpatokan pada kabel nomor 1 dan 3 harus di cross (dilintaskan) serta kabel nomor 2 dan 6 jadi kedua sisi konektor RJ45 berbeda pemasangan kabelnya. 
 gambar susunan kabel Straight dan Cross

Tidak ada komentar:

Posting Komentar