Selasa, 04 Juni 2013

Latihan TGl 22 Mei 2013



Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan?

2. Apa yang dimaksud dengan protocol dalam jaringan? Jelaskan macam-macamnya!
         3. Jelaskan kegunaan dan perbedaan dari modem, HUB, dan Switch!
    4. Buatlah desain jaringan dengan menggunakan topoligi bus dengan ketentuan sebagai berikut : 3 buah computer clien, 1 server, dan 1 buah printer!
      5. Apa yang dimaksud dengan server dan client?
6    6.  Sebuah kantor akan membangun sebuah jaringna computer dengan ketentuan sebagai berikut : 1 server, 1 HUB/Switch, 1 modem internet,1 printer, dan 10 PC client, jika IP server 202.198.1.254 tentukan (gambarkan) Network Id, Host Id, IP masing-masing perangkat dari IP awal – IP akhir, tipe class yang digunakan dan tentukan Subnetmasknya!
     7. Sebutkan alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk membangun suatu jaringan LAN!
8    8. Apa yang dimaksud dengan jaringan wireless?
9   9. Dari berbagai topologi yang ada, yang mana menurut kamu pilihan terbaik, mengapa?
Jawaban :
1  1. Topologi adalah suatu cara menghubungkan computer satu dengan computer yang lainnya sehingga membentuk jaringan.
2  2. Protocol adalah sebuah aturan yang mengatur/mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data atrara dua/lebih titik computer. Macam-macam protocol:
a.       HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) adalah protocol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam World WideWeb (WWW).
b.      Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan text.
c.       FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol internet yang berjalan didalam lapisan aplikasi yang merupakan standart untuk pentransferan file computer antar mesin-mesin dalam sebuah interwork.
d.      Mailto adalah digunakn untuk mengirim e-mail melalui jaringan internet.
e.       TCP/IP adalah standart komunikasi data yang digunakan oleh komnitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu computer ke computer lain di dalam jaringan.
f.       UDP adalah protocol yang bersifat connection less dan bersifat kebalikan dari TCP yang berorientasi connection.
g.      IP adalah protocol lapisan jaringan yang digunakan oleh protocol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan.
3   3.   Modem adalah alat komunikasi 2 arah (mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog) yang berfungsi menjadi 2 perantara untuk menghubungkan computer ke jaringan internet. HUB adalah alat penghubung antar computer, berfungsi membuentuk sebuah jaringan computer yang sederhana. Sedangkan Switch adalah alat yang menyaring/ filter dan melewatkan paket yang ada di sebuah LAN, berfungsi menghubungkan multiple computer pada layer protocol jaringan level dasar.
4   4. 

     5. Server adalah computer yang menyediakan fasilitas bagi computer - computer lain di dalam jaringan. Client adalah computer – computer yang menerima / menggunkan fasilitas yang di sediakan oleh server.
       6. 

      Network ID : 202.192.1.X
Host ID  : 32 - 47
IP : 202.192.1.33 – 42
Subnet Mask : /28
Class : C
7    7. Peralatan jaringan :
a.       NIC/LAN card/Ethernet
b.      Ap/Access Point
c.       Repeater
d.      Switch / HUB
e.       PC
f.       UTP Cable
8   8. Jaringan wireless adalah sekumpulan computer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah udara / gelombang sebagai jalur lintas datanya.
9    9. Topologi Star, karena topologi ini sangat fleksibel, dan mudah digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar